Struktur kurikulum pendidikan kesetaraan terdiri dari mata pelajaran kelompok umum, serta pemberdayaan dan keterampilan berbasis Profil Pelajar Pancasila. Kelompok umum memuat mata pelajaran yang disusun mengacu pada standar nasional pendidikan dan sesuai dengan jenjang pendidikan formal, serta merupakan mata pelajaran yang wajib diberikan untuk semua peserta didik. Sementara itu, kelompok pemberdayaan dan keterampilan berbasis Profil Pelajar Pancasila mencakup keterampilan okupasional, fungsional, vokasional, sikap dan kepribadian profesional, dan jiwa wirausaha mandiri yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik pendidikan kesetaraan, serta berbasis Profil Pelajar Pancasila. Pemberdayaan dan keterampilan sebagaimana dimaksud dijelaskan sebagai berikut.
- Pemberdayaan memuat kompetensi untuk menumbuhkan keberdayaan, harga diri, percaya diri, sehingga peserta didik mampu mandiri dan berkreasi dalam kehidupan bermasyarakat. Materi-materi untuk mencapai kompetensi dapat meliputi pengembangan diri dan pengembangan kapasitas untuk mendukung keterampilan yang dipilih peserta didik.
- Keterampilan diberikan dengan memperhatikan variasi potensi sumber daya daerah yang ada, kebutuhan peserta didik, dan peluang kesempatan kerja yang tersedia, sehingga peserta didik mampu melakukan aktualisasi kemandirian, otonomi, kebebasan, dan kreativitas dalam berkarya untuk mengisi ruang publik secara produktif.
Muatan belajar program pendidikan kesetaraan dinyatakan dalam Satuan Kredit Kompetensi (SKK), yang menunjukkan bobot kompetensi yang harus dicapai oleh peserta didik dalam mengikuti program pembelajaran, baik melalui tatap muka, praktik keterampilan, dan/atau kegiatan mandiri.
Satu (1) SKK adalah satu satuan kompetensi yang dicapai melalui pembelajaran 1 jam pembelajaran tatap muka, atau 2 jam pembelajaran tutorial, atau 3 jam pembelajaran kegiatan mandiri, atau kombinasi secara proporsional dari ketiganya. 1 jam pembelajaran setara dengan 35 menit untuk Program Paket A, 40 menit untuk Program Paket B, dan 45 menit untuk Program Paket C.
Struktur Kurikulum Program Paket A
Asumsi 1 tahun = 36 minggu dan 1 SKK = 1 JP tatap muka / 2 JP tutorial / 3 JP kegiatan mandiri
Mata Pelajaran / Program Pemberdayaan dan Keterampilan | Bobot SKK Per Minggu (Tahun) | Total SKK | ||
Fase A (Kelas 1–2) |
Fase A (Kelas 3–4) |
Fase C (Kelas 5–6) |
||
Kelompok Mata Pelajaran Umum | ||||
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti* | 57 (2.052) | 60 (2.160) | 64 (2.304) | 181 (6.516) |
Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti* | ||||
Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti* | ||||
Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti* | ||||
Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti* | ||||
Pendidikan Agama Konghucu dan Budi Pekerti* | ||||
Pendidikan Pancasila | ||||
Bahasa Indonesia | ||||
Matematika | ||||
Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial | ||||
PJOK | ||||
Seni Budaya | ||||
Bahasa Inggris** | ||||
Muatan Lokal** | ||||
Kelompok Pemberdayaan dan Keterampilan Berbasis Profil Pelajar Pancasila | ||||
Pemberdayaan | 8 (288) | 12 (432) | 18 (648) | 38 (1.368) |
Keterampilan | ||||
Total***: | 65 (2.340) | 72 (2.592) | 82 (2.952) | 219 (7.884) |
Struktur Kurikulum Program Paket B
Asumsi 1 tahun = 36 minggu dan 1 SKK = 1 JP tatap muka / 2 JP tutorial / 3 JP kegiatan mandiri
Mata Pelajaran / Program Pemberdayaan dan Keterampilan | Bobot SKK Per Minggu (Tahun) | Total SKK |
Fase D (Kelas 7–9) | ||
Kelompok Mata Pelajaran Umum | ||
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti* | 88 (3.168) | 88 (3.168) |
Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti* | ||
Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti* | ||
Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti* | ||
Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti* | ||
Pendidikan Agama Konghucu dan Budi Pekerti* | ||
Pendidikan Pancasila | ||
Bahasa Indonesia | ||
Matematika | ||
Ilmu Pengetahuan Alam | ||
Ilmu Pengetahuan Sosial | ||
Bahasa Inggris | ||
PJOK | ||
Seni | ||
Muatan Lokal** | ||
Jumlah Kelompok Mata Pelajaran Umum | 88 (3.168) | 88 (3.168) |
Kelompok Pemberdayaan dan Keterampilan Berbasis Profil Pelajar Pancasila | ||
Pemberdayaan | 30 (1.080) | 30 (1.080) |
Keterampilan | ||
Total***: | 188 (4.248) | 188 (4.248) |
Struktur Kurikulum Program Paket C
Asumsi 1 tahun = 36 minggu dan 1 SKK = 1 JP tatap muka / 2 JP tutorial / 3 JP kegiatan mandiri
Mata Pelajaran / Program Pemberdayaan dan Keterampilan | Bobot SKK Per Minggu (Tahun) | Total SKK | |
Fase E (Kelas 10) |
Fase F (Kelas 11–12) |
||
A. Kelompok Mata Pelajaran Umum | |||
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti* | 20 (720) | 27 (972) | 47 (1.692) |
Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti* | |||
Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti* | |||
Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti* | |||
Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti* | |||
Pendidikan Agama Konghucu dan Budi Pekerti* | |||
Pendidikan Pancasila | |||
Bahasa Indonesia | |||
Matematika | |||
Bahasa Inggris | |||
Ilmu Pengetahuan Alam (Fisika, Biologi, Kimia)** | |||
Ilmu Pengetahuan Sosial (Sejarah, Ekonomi, Geografi, Sosiologi)** | |||
Sejarah*** | |||
PJOK | |||
Seni | |||
Biologi |
- |
39 (1.404) |
39 (1.404) |
Kimia |
|||
Fisika |
|||
Informatika |
|||
Matematika tingkat lanjut |
|||
Sosiologi |
|||
Ekonomi |
|||
Geografi |
|||
Antropologi |
|||
Bahasa Indonesia tingkat lanjut |
|||
Bahasa Inggris tingkat lanjut |
|||
Bahasa Korea |
|||
Bahasa Arab |
|||
Bahasa Mandarin |
|||
Bahasa Jepang |
|||
Bahasa Jerman |
|||
Bahasa Prancis |
|||
Muatan Lokal**** |
|||
Jumlah Mata Pelajaran Kelompok A + B |
20 (720) |
66 (2.736) |
86 (3.096) |
Program Pemberdayaan dan Keterampilan Berbasis Profil Pelajar Pancasila |
|||
Pemberdayaan |
16 (576) |
20 (720) |
36 (1.296) |
Keterampilan |
|||
Total*****: |
36 (1.296) |
86 (3.096) |
122 (4.392) |
* Diikuti peserta didik sesuai agama masing-masing.
** Diberikan pada kelas 10 (Fase E)
*** Diberikan pada kelas 11 dan 12 (Fase F)
**** Paling banyak 2 JP per minggu atau 72 JP per tahun.
***** Total JP tidak termasuk mata pelajaran Muatan Lokal dan/atau mata pelajaran tambahan yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan.
Penjelasan struktur kurikulum Pendidikan Kesetaraan (Program Paket A, Paket B, dan Paket C) secara umum
- Ketentuan mengenai pemilihan mata pelajaran pilihan disesuaikan dengan SMA/MA/sederajat.
- Muatan pelajaran kepercayaan untuk penganut Kepercayaan kepada Tuhan YME dilaksanakan sesuai peraturan perundang-undangan yang mengatur mengenai layanan pendidikan kepercayaan kepada Tuhan YME.
- Proses mengidentifikasi dan menumbuhkembangkan minat, bakat, dan kemampuan peserta didik dilakukan oleh guru yang dikoordinasikan oleh guru BK. Jika ketersediaan guru BK belum mencukupi, maka koordinasi dilakukan oleh guru lain.