Tingkatkan Kompetensi SDM BBGP Jatim Berorientasi Pelayanan Prima bersama Ahli Paliatif Agus Ali Fauzi

Peningkatan Kompetensi SDM Berorientasi Pelayanan Prima bagi seluruh pegawai BBGP Provinsi Jawa Timur dihelat di The Sun Hotel Madiun, Sabtu (04/03/2023), menghadirkan pembicara profesional dr. H. Agus Ali Fauzi, PGD.Pall.Med. (ECU), Kepala Instalasi Paliatif dan Bebas Nyeri RSUD dr. Soetomo, Surabaya.

"Tugas saya sebagai ahli paliatif adalah membuat bagaimana orang tidak menderita, bagaimana mereka bisa kembali bersemangat, dan siap kapan pun dipanggil oleh Yang Maha Kuasa," tutur ahli paliatif kanker ini memulai presentasinya yang berjudul "Sehat Semangat Meraih Sukses dan Persiapan Ramadhan dengan Kebersamaan

Peningkatan Kompetensi SDM Berorientasi Pelayanan Prima untuk Pegawai BBGP Jawa Timur bersama dr. H. Agus Ali Fauzi
Pegawai BBGP Jatim nyaman menyimak tip-tip tentang pelayanan prima dari Ahli Paliatif Agus Ali Fauzi, di The Sun Hotel Madiun, Sabtu (04/03/2023).
Agus Ali Fauzi terkenal dengan presentasinya yang santai, menyenangkan, dan penuh kedekatan terhadap penyimaknya. Hal itu membuat pegawai BBGP Jatim nyaman menelaah sajian tip layanan prima yang ia berikan. Ia memaparkan bahwa palium artinya jubah atau mantel. Dari sisi kesehatan, tugas ahli paliatif adalah melindungi pasien-pasien yang sudah putus asa beserta seluruh keluarganya dari penderitaan fisik, psikologis, sosial, kultural, dan spiritual.

"Jadi dalam paliatif bukan treat the diseases, but clear the things up, secara keseluruhan. Untuk itu, diperlukan pelayanan holistik, interdisipliner, multiprofesional, multitotalitas, dan pelayanannya harus champion, layanan juara, selangkah di depan daripada layanan prima," ujarnya.

Kunci dalam bekerja menurut dokter yang telah berpengalaman selama tiga puluh tahun di bidang pengobatan paliatif ini hanya tiga: teamwork, networking, dan innovation. Dengan demikian mindset-nya bukanlah apa untungnya bagi saya, tetapi apa yang bisa saya berikan pada orang lain, pada masyarakat, bangsa dan negara. Mental broker, hanya mau mengerjakan jika itu adalah bagiannya, kedonyan, melulu berorientasi proyek, duit, dan bonus, secara sosial egois, suka mengeluh, suka menggunjing, adalah di antara hal-hal negatif yang mutlak dijauhi dalam bekerja. 

Ali Fauzi secara terus terang mengatakan bahwa rata-rata SDM kita masih di bawah standar, layanannya masih separuh hati, seperlu hati, bahkan sesuka hati. Padahal, dasar pelayanan adalah keyakinan, hati, dan mental pelayan. Jika ada satu pekerjaan, dikerjakan bersama. Sebagaimana moto BBGP Jatim, menurut Ali Fauzi yang diperlukan adalah layanan sepenuh hati, layanan juara. Artinya memenuhi dan atau melampaui kebutuhan pelanggan.

Bapak Abu Khaer mendampingi narasumber capacity building
Kepala BBGP Jatim Abu Khaer yang di depan mendampingi pun tampak antusias menyimak Ali Fauzi yang enerjik menggugah semangat peserta capacity building
Secara kasat mata, layanan yang baik menurut Ali Fauzi ditunjukkan dengan sikap yang sopan (good attitude), penampilan yang ramah (senyum dan sapaan). Jika dipadu dengan kemampuan komunikasi, ide yang cemerlang, proaktif, penuh inisiatif, kreatif, dan inovatif, niscaya tujuan membahagiakan pelanggan atau service champion akan terwujud.  Jadi, dokter lulusan Edith Cowan University, Perth, Australia tahun 1999 ini menekankan bahwa peningkatan Kompetensi SDM adalah investasi lembaga. 

"Baru setahun berdiri, mudah-mudahan BBGP Jatim selama lima tahun ke depan menghasilkan SDM yang luar biasa. materi yang saya bagikan di sini dapat dijadikan materi sisipan di sela materi-materi formal sehingga menjadi lebih bermakna," demikian Fauzi mengungkapkan harapannya.***
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Update Informasi

Perpindahan KS Sekolah Penggerak
  1. Membuat Berita Acara difasilitasi oleh Dinas.
  2. Dinas berkoordinasi dengan BBPMP Jatim dengan membuat surat (dilampiri BA) dialamatkan kepada Dirjen PDM tembusan ke Kepala BBPMP Jatim dan Kepala BBGP Jatim.
  3. BBPMP Jatim akan memberikan link usulan perubahan KS tsb.
  4. Setelah disetujui dan keluar SK dari Dirjen PDM, Tim Kerja PSP di Dit. KSPS dan Tendik akan memberikan informasi ke TIm Pengembang SimPKB agar KS baru tsb disinkronkan ke Program Sekolah Penggerak di SimPKB.
  5. Laporan PMO oleh KS khusus bulan Agustus, terakhir tanggal 20 September 2023.
Sekolah Penggerak (03/05/2023)
  1. Ploting FSP dengan sekolah dampingan sedang proses dikerjakan.
  2. Penyamaan persepsi FSP seluruhnya dilakukan oleh Direktorat sehingga undangan dll. akan disampaikan oleh direktorat.
  3. Di wilayah lain juga sedang proses ploting, dan penugasan sebagai NS Pelatihan KP menunggu selesainya kegiatan Penyamaan persepsi FSP tersebut.
Pengelolaan Kinerja PMM (09/01/2024)
  • Perencanaan Pengelolaan Kinerja dapat dilakukan hingga 31 Januari 2024. Setelah itu, Anda dapat melanjutkan ke tahap Pelaksanaan. Jadi, Anda masih memiliki waktu untuk memahami langkahnya dan mendiskusikan rencana kinerja Anda bersama kepala sekolah.

Info Internal

SKP dan Kehadiran
  1. Rekap data presensi dilakukan selambat-lambatnya pada tanggal 3 Setiap Awal Bulan.
  2. Apabila ada ketidaksesuaian data, mohon segera konfirmasi ke bagian Subpokja Tatalaksana dan Kepegawaian sebelum tanggal 3 di awal bulan.
  3. Dimohon untuk mengisi Log Harian setiap hari.
catatan:
  • pengecekkan kehadiran pada laman kehadiran GTK dilakukan setiap hari diatas pukul 13.00 WIB;
  • dimohon dapat berkonfirmasi, apabila ada yang belum sesuai dengan kehadirannya;
  • Konfirmasi kehadiran dapat disampaikan kepada admin kehadiran masing-masing kantor (Admin Kehadiran Kantor Batu/Admin Kehadiran Kantor Sidoarjo);
  • dimohon Pokja menginformasikan kepada Kepegawaian terkait kepanitian apabila ada update nama-nama petugas yang ditunjuk/diganti.

Logo RBI