BBGP Jatim Bekerja Sama dengan Dinas Pendidikan Kota Blitar Perkuat Kompetensi Kepala SD Kota Blitar

Sebagai upaya meningkatkan kompetensi manajerial dan supervisi kepala sekolah dasar negeri dalam pengelolaan kinerja guru dan kepala sekolah, Dinas Pendidikan Kota Blitar bekerja sama dengan BBGP Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah selama 3 hari, mulai 5 hingga 7 Februari 2024.  Kegiatan peningkatan kompetensi yang bertempat di Aula Madya Kridha Dinas Pendidikan Kota Blitar ini dihadiri 48 peserta yang merupakan kepala sekolah dasar negeri se-Kota Blitar.

Dinas Pendidikan Kota Blitar bekerja sama dengan BBGP Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan “Pelatihan Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah"

Kegiatan yang dilaksanakan dengan alokasi waktu 24 JP ini dibuka oleh Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan Dinas Pendidikan Kota Blitar, Muhammad Arifin. Ia menyampaikan harapannya bahwa kegiatan ini bisa meningkatkan kompetensi peserta untuk memperbaiki mutu sekolahnya. Kepala BBGP Jatim, Abu Khaer, juga turut hadir dan menyampaikan arahan pada para peserta untuk menginstall dan memanfaatkan Platform Merdeka Mengajar (PMM) secara maksimal untuk meningkatkan kinerja guru.

Abu Khaer install pmm Peningkom KS Dinas Pendidikan Kota Blitar
Materi inti disampaikan oleh dua orang widyaiswara BBGP Jawa Timur, Erwan Yuniardi dan Rif'atul Fikriya. Erwan memfokuskan pada pembahasan Kompetensi Manajerial dan Kompetensi Supervisi yang harus dikuasai kepala sekolah. Sementara itu, Fikriya memaparkan bagaimana pengelolaan dan praktik penilaian kinerja kepala sekolah, khususnya melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM). Ia juga menekankan pada pentingnya komunikasi efektif dalam meningkatkan kinerja guru.
Erwan Yuniardi dalam Peningkom KS Dinas Pendidikan Kota Blitar

Rifatul Fikriya dalam Peningkom KS Dinas Pendidikan Kota Blitar

Program peningkatan kompetensi kepala sekolah merupakan program berkelanjutan Kemendikbudristek. Balai Besar Guru Penggerak Provinsi Jawa Timur sebagai UPT Kemendikbudristek bertanggung jawab merencanakan dan melaksanakannya sebagaimana amanat yang termaktub dalam Peraturan Mendikbudristek Nomor 14 Tahun 2022. ***

Penulis: Abdul Rahman
Fotografer: Djoko Purnomo
Penyunting: Tricahyo Abadi
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Update Informasi

Perpindahan KS Sekolah Penggerak
  1. Membuat Berita Acara difasilitasi oleh Dinas.
  2. Dinas berkoordinasi dengan BBPMP Jatim dengan membuat surat (dilampiri BA) dialamatkan kepada Dirjen PDM tembusan ke Kepala BBPMP Jatim dan Kepala BBGP Jatim.
  3. BBPMP Jatim akan memberikan link usulan perubahan KS tsb.
  4. Setelah disetujui dan keluar SK dari Dirjen PDM, Tim Kerja PSP di Dit. KSPS dan Tendik akan memberikan informasi ke TIm Pengembang SimPKB agar KS baru tsb disinkronkan ke Program Sekolah Penggerak di SimPKB.
  5. Laporan PMO oleh KS khusus bulan Agustus, terakhir tanggal 20 September 2023.
Sekolah Penggerak (03/05/2023)
  1. Ploting FSP dengan sekolah dampingan sedang proses dikerjakan.
  2. Penyamaan persepsi FSP seluruhnya dilakukan oleh Direktorat sehingga undangan dll. akan disampaikan oleh direktorat.
  3. Di wilayah lain juga sedang proses ploting, dan penugasan sebagai NS Pelatihan KP menunggu selesainya kegiatan Penyamaan persepsi FSP tersebut.
Pengelolaan Kinerja PMM (09/01/2024)
  • Perencanaan Pengelolaan Kinerja dapat dilakukan hingga 31 Januari 2024. Setelah itu, Anda dapat melanjutkan ke tahap Pelaksanaan. Jadi, Anda masih memiliki waktu untuk memahami langkahnya dan mendiskusikan rencana kinerja Anda bersama kepala sekolah.

Info Internal

SKP dan Kehadiran
  1. Rekap data presensi dilakukan selambat-lambatnya pada tanggal 3 Setiap Awal Bulan.
  2. Apabila ada ketidaksesuaian data, mohon segera konfirmasi ke bagian Subpokja Tatalaksana dan Kepegawaian sebelum tanggal 3 di awal bulan.
  3. Dimohon untuk mengisi Log Harian setiap hari.
catatan:
  • pengecekkan kehadiran pada laman kehadiran GTK dilakukan setiap hari diatas pukul 13.00 WIB;
  • dimohon dapat berkonfirmasi, apabila ada yang belum sesuai dengan kehadirannya;
  • Konfirmasi kehadiran dapat disampaikan kepada admin kehadiran masing-masing kantor (Admin Kehadiran Kantor Batu/Admin Kehadiran Kantor Sidoarjo);
  • dimohon Pokja menginformasikan kepada Kepegawaian terkait kepanitian apabila ada update nama-nama petugas yang ditunjuk/diganti.

Logo RBI