Sosialisasi Angka Kredit, Tugas Belajar, dan Analisis Kebutuhan Diklat bagi Pegawai BBGP Jatim

Balai Besar Guru Penggerak Provinsi Jawa Timur (BBGP Jatim) mengadakan kegiatan Sosialisasi Konversi Angka Kredit, Tugas Belajar, dan Training Need Analysis (TNA) bagi Pegawai BBGP Jatim  di Gedung Proklamasi, Senin (04/03/2024). Sebanyak 77 pegawai diundang sebagai peserta, 57 di antaranya adalah pegawai BBGP Jatim yang menjabat jabatan fungsional tertentu, terdiri dari terdiri dari 22 widyaiswara, 34 pengembang teknologi pembelajaran, dan satu orang widyaprada. 

Sosialisasi Konversi Angka Kredit, Tugas Belajar, dan Training Need Analysis (TNA) Bagi Pegawai di Lingkungan BBGP Provinsi Jawa Timur

Kegiatan dibuka dengan pemaparan laporan panitia yang disampaikan oleh ketua panitia dan pemaparan kebijakan Kemdikbudristek yang disampaikan oleh Kepala BBGP Jatim. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan “Materi Konversi Angka Kredit Jabatan dan Fungsional” yang disampaikan oleh pemateri dari Biro SDM Kemdikbudristek. 

Pemateri menyampaikan bahwa konversi angka kredit jabatan dan fungsional tersebut digunakan untuk melakukan kenaikan pangkat dan jabatan. Pangkat dan jabatan tersebut dibagi menjadi dua, yaitu jabatan fungsional terampil dan jabatan fungsional ahli. Jabatan fungsional terampil dimulai dengan pelaksana pemula, pelaksana, pelaksana lanjutan, hingga penyelia. Dan jabatan fungsional ahli dimulai dengan ahli pertama, ahli muda, ahli madya, hingga ahli utama. Materi konversi tersebut bertujuan supaya para pegawai BBGP Jatim mampu melakukan konversi sesuai dengan alur konvesi dan regulasi yang berlaku. 

Sosialisasi Konversi Angka Kredit, Tugas Belajar, dan Training Need Analysis (TNA) Bagi Pegawai di Lingkungan BBGP Provinsi Jawa Timur

Setelah mendengarkan pemaparan materi yang disampaikan oleh Biro SDM Kemdikbudristek, para peserta sosialisasi dipersilahkan melakukan praktek simulasi pengisian angka kredit jabatan fungsional. Dalam sesi ini muncul berbagai pertanyaan dari para peserta, banyak masukan-masukan yang disampaikan para peserta, hingga terjadilah interaksi antara peserta dan narasumber. Interaksi ini menjadi pembuka adanya topik yang lebih luas, sehingga kegiatan tersebut berjalan cukup intens.

Sosialisasi Konversi Angka Kredit, Tugas Belajar, dan Training Need Analysis (TNA) Bagi Pegawai di Lingkungan BBGP Provinsi Jawa Timur

Kegiatan dilanjutkan setelah ishoma dengan pemaparan materi selanjunya yang disampaikan oleh Biro SDM Kemdikbudristek tentang Training Need Analysis (TNA). Tujuan dari TNA sendiri adalah untuk mengidentifikasi kebutuhan tuntutan kinerja di dalam organisasi agar membantu mengarahkan sumber daya kepada bidang yang amat membutuhkan, yang amat erat dengan pencapaian sasaran dan tujuan organisasi, peningkatan produktivitas, dan penyediaan produk dan jasa yang berkualitas. Dalam materinya, narasumber memaparkan bahwa ada tiga jenis analisis, yaitu task analysis, person analysis, organizational analysis

Sosialisasi yang dilaksanakan di Gedung Prokalamasi tersebut diakhiri dengan refleksi dan penutupan. Refleksi yang dilakukan narasumber bertujuan supaya para peserta mengulang memori dan mengingat ulang materi yang telah disampaikann sejak pagi hari. Dan peserta mampu melaksanakan prakteknya dengan baik dan benar sesuai alur dan regulasi yang ada. ***

Oleh: Galang Faisal Iqbal Subchaniyah

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Update Informasi

Peningkatan Kompetensi & Kesejahteraan Guru melalui Program PPG
    Sehubungan dengan pelaksanaan program Pendidikan Profesi Guru (PPG) bagi Guru Tertentu (Dalam Jabatan) tahun 2024, Kemendidkasmen menyatakan:
  1. . PPG bagi Guru Tertentu tahun 2024 dilaksanakan melalui 3 tahap, yakni Piloting PPG bagi Guru Tertentu tahap 1 dengan peserta sebanyak 90.487, Piloting tahap 2 sebanyak 211.068 peserta, dan di tahap 3 sebanyak 305.046 peserta.
  2. Total keseluruhan peserta PPG bagi Guru Tertentu tahun 2024 adalah sebanyak 606.601 dengan kelulusan sejumlah 598.558 (98,59%). Dan menjadi pelaksanaan Tertentu tahun 2024 dengan kelulusan sejumlah 598.558 (98,59%). Ini merupakan pelaksanaan PPG bagi Guru Tertentu dengan jumlah peserta terbanyak dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.
  3. PPG bagi Guru Tertentu tahun 2024 menjadi transformasi besar PPG bagi Guru Tertentu dan upaya percepatan sertifikasi guru dengan sasaran lebih besar dan dapat mendukung penuntasan guru yang belum memiliki sertifikat pendidik.
  4. Kemendikdasmen terus mengupayakan penuntasan sertifikasi bagi 1.3 juta guru dan berharap semua guru di Indonesia telah memiliki sertifikasi pendidik (serdik) paling lambat di tahun 2026
  5. Penyelenggaraan program PPG bagi Guru Tertentu dilakukan melalui pembelajaran mandiri dan penugasan terstruktur secara daring, tanpa memungut biaya pada peserta atau gratis, karena sepenuhnya dibiayai oleh pemerintah melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).
  6. Saat ini, terdapat sekitar 480 ribu guru yang mengikuti seleksi administrasi PPG bagi Guru Tertentu yang telah dilaksanakan pada 28 November hingga 20 Desember 2024 melalui aplikasi SIMPKB.
Perpindahan KS Sekolah Penggerak
  1. Membuat Berita Acara difasilitasi oleh Dinas.
  2. Dinas berkoordinasi dengan BBPMP Jatim dengan membuat surat (dilampiri BA) dialamatkan kepada Dirjen PDM tembusan ke Kepala BBPMP Jatim dan Kepala BBGP Jatim.
  3. BBPMP Jatim akan memberikan link usulan perubahan KS tsb.
  4. Setelah disetujui dan keluar SK dari Dirjen PDM, Tim Kerja PSP di Dit. KSPS dan Tendik akan memberikan informasi ke TIm Pengembang SimPKB agar KS baru tsb disinkronkan ke Program Sekolah Penggerak di SimPKB.
  5. Laporan PMO oleh KS khusus bulan Agustus, terakhir tanggal 20 September 2023.
Sekolah Penggerak (03/05/2023)
  1. Ploting FSP dengan sekolah dampingan sedang proses dikerjakan.
  2. Penyamaan persepsi FSP seluruhnya dilakukan oleh Direktorat sehingga undangan dll. akan disampaikan oleh direktorat.
  3. Di wilayah lain juga sedang proses ploting, dan penugasan sebagai NS Pelatihan KP menunggu selesainya kegiatan Penyamaan persepsi FSP tersebut.
Pengelolaan Kinerja PMM (09/01/2024)
  • Perencanaan Pengelolaan Kinerja dapat dilakukan hingga 31 Januari 2024. Setelah itu, Anda dapat melanjutkan ke tahap Pelaksanaan. Jadi, Anda masih memiliki waktu untuk memahami langkahnya dan mendiskusikan rencana kinerja Anda bersama kepala sekolah.

Info Internal

SKP dan Kehadiran
  1. Rekap data presensi dilakukan selambat-lambatnya pada tanggal 3 Setiap Awal Bulan.
  2. Apabila ada ketidaksesuaian data, mohon segera konfirmasi ke bagian Subpokja Tatalaksana dan Kepegawaian sebelum tanggal 3 di awal bulan.
  3. Selama bulan Ramadhan, presensi masuk mulai pukul 08.00 WIB dan pulang pukul 15.00 WIB kecuali Jumat pukul 15.30 WIB.
  4. Untuk rekaman presensi KDM, fitur AMBIL FOTO belum dapat dilakukan, demikian juga fitur jam kerja belum disesuikan dengan jam Ramadhan (sedang diperbaiki). Silakan melakukan prosedur sesuai tombol yang muncul.
  5. Dimohon untuk mengisi Log Harian setiap hari.
catatan:
  • pengecekkan kehadiran pada laman kehadiran GTK dilakukan setiap hari diatas pukul 13.00 WIB;
  • dimohon dapat berkonfirmasi, apabila ada yang belum sesuai dengan kehadirannya;
  • Konfirmasi kehadiran dapat disampaikan kepada admin kehadiran masing-masing kantor (Admin Kehadiran Kantor Batu/Admin Kehadiran Kantor Sidoarjo);
  • dimohon Pokja menginformasikan kepada Kepegawaian terkait kepanitian apabila ada update nama-nama petugas yang ditunjuk/diganti.

Logo RBI